Stop Meminta Oleh-oleh

17:07 20 Comments A+ a-

Postingan ini saya buat karena suatu hal yang tiba-tiba bikin tangan saya gatal buat posting. As we know sebagian besar orang Indonesia jika ada seorang teman atau kerabat pergi keluar kota atau luar negeri pasti minta oleh-oleh dan oleh-olehnya juga macem-macem, mulai sekarang saya pikir kebiasaan itu harus segera diminimalisir deh karena kita gak tahu kan si pelancong bakal singgah dimana saja, transpot disana gimana, betapa repotnya dia kalau harus mikirin oleh-oleh selagi dia menikmati vacation nanti kalo ujung-ujungnya dia malah ngga bisa menikmati vacationnya gimana?


Apalagi kalau sampai disumpah serapahin atau di-nyinyirin gara-gara ngga ngebawain oleh-oleh, emang lo siapa? segitu pentingnya kah dibawain oleh-oleh? karena sesungguhnya kalo si pelancong punya waktu punya uang dan punya bagasi yang memadai kalau kalian orang terdekat si pelancong bakal dibawain oleh-oleh kok tenang saja. Cuman situasi vacation orang kan beda-beda ada yang bener-bener traveling macam saya yang mengkesampingkan belanja jadi ya plisss tolong stop saying "oleh-oleh buat aku ya jangan lupa" atau "aku pesen ini ya pokoknya harus dibeliin" kalau ngga dibawain ngambek. 

"ihh kamu kok pelit banget sih"

"si anu habis ke anu kok ngga bawain oleh-oleh ya buat kita"

"nu, katanya elo abis ke anu oleh-oleh buat kita mana cuy?"

"udah ah gausah nemenin si anu dia abis kemana aja kita ngga dibawain oleh-oleh"

"eh anu abis ke anu ya, oleh-olehnya mana?"

"nu, pesenan gue mana? kok lo ngga bawain sih"

dst

Situasi yang tidak mendukung para traveler yang bawa duit pas-pasan dan kemana-mana pake angkutan umum juga jadi kendala buat bawa barang bawaan banyak-banyak. vacation itu buat melepas penat melepas stress bukan malah nambah beban. it's just my two cents.


cheers dien chan :*

20 komentar

Write komentar
Airin Ayuri
AUTHOR
17 January 2015 at 19:23 delete

bner bget kak. kdang keselll sendiri , tp klo gak d bawa'in gak enak sendiri . Serba salah hikss TT_TT .

kawaii-diary98.blogspot.com/

Reply
avatar
17 January 2015 at 20:41 delete

hihi bener juga, mau bawain males, ga dibawain salah juga XD

♡ MY BLOG ♡

Reply
avatar
Desty Widyani
AUTHOR
18 January 2015 at 00:00 delete

sabar ya dien chan, resiko kalo udah jalan tapi ada yg hobi ngomongin, apalagi yg ngominya ada sirik iri dengki *ups
akupun pernah ngalami begitu kok, tapi biasanya org lain yg suka nuntut oleh-oleh
kalo keluarga sendiri minta atau gak pasti aku bawain sih
suka heran sendiri sama orang macem gitu, serba salah sih jadinya :(

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 01:16 delete

hehe kalau saya sih selow aja dek, mereka ngga ngeduitin inih

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 01:17 delete

iya sih tapi kalo sekarang sih udah kebal dikata2in pelit dst

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 01:19 delete

hehe iya desty kadang ada orang ya macem gitu jadi agak males buat traveling ngomong2 ke orang lain, biasanya aku ngga bilang2 ngga posting foto atau update status nah pas balik baru deh upload pto gitu.haha *evil laugh*

Reply
avatar
18 January 2015 at 02:58 delete

akhir-akhir ini banyak blogger yang sering posting beginian

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 05:49 delete

haha masa sih vania? mungkin karena mereka budek kali ya tiap kemana ditodong oleh-oleh sama oranglain

Reply
avatar
18 January 2015 at 07:05 delete

Fuh, bersyukur gak pernah kenal deket orang-orang celamitan seperti itu, hehe.

Tapi aku sendiri emang suka minta (dengan nada bercanda) ke orang2 terdekat macam suami, orang tua, adik, sahabat. Lagian bener kata dien chan, kita minta atau engga, orang yg sayang/deket sama kita pasti beliin kita oleh2 :D

Yang kasihan buat mereka yang haji atau umroh. Karena di indo ada budaya harus ngasih oleh2 kalau habis pergi dari tanah suci, jadi si orang yg harusnya fokus sama ibadah itu pasti lah kepikiran untuk beliin oleh2 yg pastinya GAK SEDIKIT.

Kalau gak sempet/bagasi udah limit, seringnya mereka harus rela2 beli oleh2 di Tanah Abang, khehe. Itu saking gak enaknya. Habis, kalau gak dibeliin pasti tetangga sama saudara suka bernyinyiran... hiiii, nyebelin. :p

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 15:09 delete

nah itu mba kan emang budaya minta oleh-oleh itu orang indonesia banget.hihi sampe kata orang yang sering keluar negeri bilang kalau disetiap negara pasti ada pedagang yang fasih bahasa indonesia karena orang indo kalau beli oleh2 buat orang lain itu royal banget.hehe

iya paling ribet kalau haji atau umroh sampe oleh-olehnya satu mobil sendiri mungkin buat dibagi-bagiin, kalau tetangga ngga kebagian dinyinyirin abis-abisan deh atau kalau oleh2nya ngga banget pasti dikomenin kurang banyak lah kurang inilah itulah

Reply
avatar
dessy octa
AUTHOR
18 January 2015 at 15:27 delete

Sebenarnya minta oleh2 itu bisa kebaca dari serigng tidaknya seseorang itu travelling. Orang yg jarang travelling kebanyakan mmg lebih sering minta oleh2 dan kalaupun mereka yg travelling, pasti oleh2nya banyak banget dan hebohh. Pengalaman sih liat orang2 disekitar aku, kebetulan tmpat tinggalku jg kota kecil sih hehehe.. Klo aku dlu pas kluar kota mmg ga sempat dan ga punya duit banyak buat beli oleh2 , tp krna ngerasa serba salah aku beliin aja tuh roti2an yg dijual dibandara. Terserah si mau diomongin apa ke yg nerimo hahaha..
Nice post Dien

Reply
avatar
Gadis Ps
AUTHOR
18 January 2015 at 16:16 delete

post ini bener-bener mantep. Cekaka. Daripada dimintain oleh-oleh, mending aku ga ngomong kalo mau jalan-jalan XD
Kalo ternyata ketahuan jalan-jalan, mesti aku bilang "ada tuh oleh-oleh dirumah, baju kotor" Haha

Reply
avatar
18 January 2015 at 16:53 delete

Kalau aku sih ya, sebodo amat ama yang minta oleh2, kalau dia penting buatku, pasti aku kasih oleh2, kalau gak dikasi ya tinggal mikir aja pake otak kalau dia gak penting buatku TROLOL

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 17:48 delete

iya aku juga stay dikota kecil ko dan kalo main ke kota gede pasti dimintain oleh2 macem-macem apalagi kalo perginya ke kota yang emang hits banget masalah oleh2 kayak jogja, bali atau malang pasti deh langsung dikasih list oleh2 yang harus dibeli, biasanya aku tolak dg becanda atau tolak dg sopan sekalian soalnya niatnya mau traveling bukan belanja

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 17:49 delete

haha tips ampuh ya gausah main sosmed dulu gausah check in di path atau 4square

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 January 2015 at 17:50 delete

mhihihi paling beliin oleh2 buat keluarga aja soalnya males bawanya repot kecuali bawa kendaraan sendiri itu beda cerita ya

Reply
avatar
Vani Sagita
AUTHOR
18 January 2015 at 22:41 delete

Yaaasss setuju banget dien! Aku pun gak pernah minta oleh-oleh ke temen ato sodara. Tapi kalo dikasih sih gak nolak. haha. Malah kalo ada temen yang bilang mau nitip ato minta dibeliin oleh-oleh gue jadi males banget buat nginget2nya, tapi kalo orang itu malah ngingetin untuk have fun di liburan malah gue bela-belain buat cariin oleh-oleh.

Belom masalah duit pas-pasan, atau waktu yang mepet kalo lagi ikut tour. Nyari oleh-oleh buat keluarga di rumah aja suka bingung apalagi beliin orang lain. Setuju sama lum dien, kalo digituin liburan bukannya seneng-seneng malah jadi beban. Gue makanya kalo pegi-pegi gitu gak pernah bilang-bilang, paling ke temen deket doang. hehehe

Reply
avatar
19 January 2015 at 00:25 delete

Inii setuju bangetttttt....
Kan kasian sebenernya yang pergi, karena mereka jd keganggu gitu jalan-jalannya. Kalau temen-temen aku sih udah tau, untung aku ngoleksinya gantungan kunci atau magnet kulkas. gampang banget dicarinya... Hahahahaha Jadi kadang aku nggak minta merekanya langsung ngasih....

Nice post..

-Ninneta-
www.ninneta.com

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
19 January 2015 at 00:53 delete

hahaha mari kita toss dulu, pasti kefikiran nyari oleh2 sambil mikir "kurang buat siapa ya? si anu mau dibeliin apa ya?" jadi ngga have fun liburannya bikin dompet nangis juga kan yaaaa.
cara paling ampuh adalah jauhi update status yang membuat kontroversi

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
19 January 2015 at 00:56 delete

ngoleksinya unik banget.hehehe kalau aku udah traveling tanpa mama pasti lupa bawa oleh2 deh soalnya keasyikan jalan-jalan ketimbang mikirin oleh-oleh.hehe

Reply
avatar