Review : BDL Papaya Soap

22:52 86 Comments A+ a-


Aloha, apa kabar?
Kali ini saya akan mereview sabun local yang ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan belang kulit di punggung tangan dan kaki sekaligus mencerahkan kulit badan. Awalnya saya iseng-iseng Tanya temen cowok saya dia ko mukanya putihan pake apa *saya adalah tipe temen yang kepoan* terus dia jawab dia pake sabun papaya yang biasa dijual di supermarket macam indomaret alfamart dan kawan-kawannya tapi setelah saya bertanya lebih jauh malah gak dijawab soalnya dia lupa mereknya apa asal pake aja terus pas itu dia udah gak pake lagi katanya *errrr*.
Akhirnya setelah berbulan-bulan setelah percakapan tersebut saya gak terlalu mikirin tentang sabun papaya itu lagian saya udah underestimate sama sabun papaya yang keliatannya gak banget, eh tapi ternyata Tuhan berkehendak lain deh disuatu sore saya lagi nyari sabun mandi saya nemu sabun ini dan say abaca ingredients-nya dari A-Z dan jeng jeng saya nemuin arbutin dan papain enzyme. Entah saya yang kurang gaul atau memang jarang banget local soap yang berbahan arbutin didalamnya, jadi tau dong apa yang terjadi selanjutnya? Saya beli coba-coba satu bar dan cukup berhasil saya amaze sama hasilnya yang lumayan cepat belang dipunggung kaki dan tangan saya mulai memudar.huaaaaa *langsung borong 3 biji buat simpenan*.


Sekilas tentang arbutin dan papaya enzyme :
Bearberry / Arbutin
Arbutin merupakan senyawa organik diekstraksi dari tanaman bearberry, tetapi juga hadir di beberapa pir. Anda mungkin melihat kedua nama, atau salah satu dari mereka yang tercantum dalam produk perawatan kulit. Arbutin digunakan untuk tujuan pencerah kulit untuk penggunaan jangka panjang dan pendek. Sering terlihat di krim wajah, pelembab, dan bahkan kosmetik.
Catatan: itu sebenarnya hydroquinone glikosilasi, sehingga beberapa mungkin merasa dapat membawa risiko yang sama seperti hydroquinone yang sebenarnya. Namun, penelitian telah menunjukkan itu aman. Menurut Wikipedia, "Arbutin dan ekstrak tanaman lainnya dianggap alternatif yang aman untuk agen depigmenting biasa digunakan untuk membuat kulit lebih adil ... Arbutin benar-benar ada di dua konformasi, alpha dan beta. Konformasi alpha menawarkan stabilitas yang lebih tinggi atas konformasi beta dan merupakan bentuk yang lebih disukai untuk indikasi pencerah kulit. "


Pepaya
Saya yakin banyak dari Anda telah melihat orang-sabun pepaya mengklaim untuk meringankan warna kulit dari waktu ke waktu. Bahan yang bertanggung jawab untuk efek diakui adalah papain, enzim alami yang dikenal mempromosikan kulit dan pergantian sel dengan pengelupasan ekstra. Pepaya juga mengandung vitamin A dan C, yang terakhir juga dikenal untuk membantu dengan pencerah kulit, dan dianggap asam alpha hidroksi alami.
Pepaya, dan pada gilirannya papain, sering ditemukan dalam sabun dan krim, dan dimaksudkan untuk digunakan jangka panjang untuk secara bertahap mencerahkan kulit dan tetap seperti itu dengan terus menggunakan. Sementara pepaya seharusnya pelembab, beberapa telah menemukan bahwa sabun dapat mengeringkan, jadi selalu oleskan pelembab setelah digunakan.

click to enlarge the picture

Kalo diliat dari packagingnya hampir semua papaya soap alias sabun papaya itu kemasannya mirip-mirip berwarna orange cerah dan ada gambar papaya-nya *yaiyalah masa ada gambar semangka-nya ya gak nyambung entar*, untuk ukuran sabun mandi sabun ini punya size yang luar biasa gede 135gr dan saya biasanya membaginya menjadi 2. Saya gak bisa memperkirakan satu bar abis dalam waktu berapa minggu karena saya gak ngitung.haha
Sabun ini menurut saya agak susah dibusakan dan busanya dikit untuk membuat busa yang melimpah saya membutuhkan tenaga extra *lebay*, baunya biasa aja gak terlalu menyengat pokoknya aman deh buat yang punya hidung sensitive macam saya. saya biasanya mendiamkan sabunnya sekitar 1-2 menit tergantung tingkat kemalesan karena saya gak terlalu suka nungguinnya *dingin booo nanti adek masuk angin kaka*.
Terus hasilnya gimana? Setelah menghabiskan 2 bar tadaaaa belang dikaki saya jauh memudar gak malu-maluin lagi deh, soalnya punggung kaki saya belangnya last forever banget ditambah pas bulan February kemaren ke bali dan saya pake sandal crocs malindi yang bikin sengatan matahari terpusat *bahasanya* ke punggung kaki jadi belang banget ditambah lagi belang ditangan -____- dan ini yang jadi bahan ledekan apalagi dhani, dia puas banget ngledekin saya miss belang. Saya sih rada heran sih sebenernya sama kulit saya yang cepet item atau belang tapi balikin ke warna semulanya itu susah banget jadi pas nemu sabun ini dan work so well on my skin jadi happy banget berasa nemu harta karun.

Dan karena kulit badan saya skintone-nya jadi naik satu atau dua tingkat si kulit muka rupanya mulai iri karena emang kulit wajah saya lebih hitam dua atau tiga dingkat dibanding tangan saya dan jadi saya lagi nyobain selang-seling antara pake sabun BDL dimuka saya sama pake neem Himalaya face wash. Menurut saya sabun ini gak gitu ngeringin dibanding sabun batang yang pernah saya coba buat jadi sabun muka.
Oya, sabun BDL ini dulunya namanya RDL ganti nama karena mereka me-reformula ingredients yang ada jadi sepertinya ingredients BDL yang sekarang dengan yang dulu berbeda.

 Jadi mari kita masuk ke inti review-an :


Pros :
§  Mencerahkan
§  Murah
§  Easy to find
§  Gak terlalu bikin kulit kering
§  Mengandung arbutin dan papaya enzyme sebagai lightening agent
§  Ada whitening after effectnya


Cons :
§  Mencerahkan kulitnya butuh waktu
§  Have a bad reputation *I don’t know why*

Ada banyak orang yang ngomong product ini berbahaya tapi pas saya cek ingredients-nya gak ada yang mencurigakan, memang arbutin jika terhidrolisis *apa ya istilahnya* akan mempunyain efek yang sama dengan hidroquinon karena kabarnya arbutin itu bukan zat awal tapi dia adalah zat turunan (maksudnya apa saya juga masih bingung saya kan dulu pas SMA bukan anak IPA)

aku kutip kalimat dari FD ya :

Default Re: Skincare & Makeup Ingredients

tin_nit
Gak banyak..cause penelitian tentang arbutin masih terbatas,,
Arbutin atau Hydroquinone β-D-glucopyranoside adalah HQ Terglukolisasi. Arbutin adalah bentuk sediaan HQ alami yang didapatkan dari alam. Arbutin terhidrolisis dengan mudah dalam larutan asam menjadi D-glucose dan HQ. Ada yang menganggap lebih aman dibanding HQ karena dia sudah mempunyai glucose sebangai gugus pelindung, jadi gak langsung bereaksi kaya HQ. Tapi kalau dia sudah terhidrolisis (lepas glucose nya maka bisa memberikan efek yang sama dengan HQ). Dan kalau sudah terhidrolisis ya efeknya kurang lebih sama kaya HQ. kalau menurut gw bisa aja dia terkena asam dari produk lain yang kita pakai bersamaan, selain itu kulit kita juga kan cenderung asam. FDA pernah memasukannya dalam ban list,, progressnya gw kurang tahu..gak nemu up date nya. Ya tapi seperti banyak senyawa kimia lain yang digunakan dalam kosmetik banyak pro kontra nya, karena ada berbagai kepentingan didalamnya. Jadi ya itu balik lagi ke kita untuk memilihnya. Kalau ada yang mau koreksi, silahkan ditambahin ya.. itung2 share pengetahuan. 
by : reddishauora

jadi intinya arbutin itu tidak bisa dipakai berbarengan dengan product yang mengandung asam dan kulit kita sendiri pun bersifat asam, so kita kalau mau memakai skincare yang ber-arbutin jangan pake skincare yang asem-asem ya dan jangka waktu pemakaiannya dibatasi. Dan untuk muka saya, saya stop pemakaiannya soalnya lagi pake kangen water (beauty & strong acid water) saya pakai bdl buat badan aja. Dan inilah penampakan muka saya ketika beberapa waktu memakai BDL :


Repurchase ? yes
Recommended ? yes, if you searching for lightening soap with cheap price
Price : around 7.500-9000/ bar



source :

86 komentar

Write komentar
belliani bebe
AUTHOR
31 October 2014 at 00:13 delete

Wah keliatan banget beda foto before afternya. Mana harganya murah lagi. Aku tetep aja takut pakenya karena kemasannya itu kurang meyakinkan. Mungkin jika aku mau pake ini, aku harus cari banyak review produk ini biar makin membuatku tambah yakin

www.aloha-bebe.com

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
31 October 2014 at 02:24 delete

terserah kak be aja mungkin bisa googling cuman gak banyak info tentang produk ini mungkin karena kemasannya yang banyak bikin orang underestimate sama produknya

Reply
avatar
Indrie hwanja
AUTHOR
31 October 2014 at 21:46 delete

aku juga pake. dan memang kata orang2 kulitku cerahan 2 tingkat.

Reply
avatar
Indrie hwanja
AUTHOR
31 October 2014 at 21:49 delete

sabun ini sempat booming d grup beauty. aman kok bnyak yang pake. soalnya sebelum pake aku juga dah telusuri

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
31 October 2014 at 22:57 delete

eits masa sih pernah booming di grup beauty? aku malah gatau.hihi

Reply
avatar
Karina Kpop
AUTHOR
1 November 2014 at 06:48 delete

belang kita sama.. terutama di kaki,aku kalo udah pake sndal terbuka terus keluar sebentar pas ada matahrai.. behh.... langsung deh belang
tapi itu efeknya cepat ya. terutama ditngn kmu,langsung cerahan dikit.
pengen beli akh.. wkwkwk

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
1 November 2014 at 16:55 delete

efeknya lumayan cepet mengingat harganya yg murce tapi lama juga sih kalo ditungguin gak cukup 2 minggu. ayo dibeli-dibeli

Reply
avatar
2 November 2014 at 02:37 delete

aku baru beli ini tapi punya tulisanya CDL bukan BDL ._.
Padahal kemasanya sama persis. jadi agak takut @_@

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
2 November 2014 at 02:47 delete

waduh ko bisa cdl gitu sis?hehe aku malah baru tau ada sabun cdl. coba diteliti dulu ada no bpomnya gak terus produksi dr PT apa

Reply
avatar
19 November 2014 at 15:51 delete

Mb adien minta tolong infokan nama PT n bpomnya dong, aq mau coba jg....😄

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
20 November 2014 at 02:47 delete

manufactured by PT Sparindo Mustika POM CA 18101204045

Reply
avatar
Alnies Shop
AUTHOR
24 November 2014 at 20:09 delete

Aq pake buat muka bagus sih, sekarang mu nyoba buat badan juga hihi biar mengurangi kebiasaan lulurannya...

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
25 November 2014 at 04:23 delete

boleh dicoba ^^ soalnya sama-sama bikin daki rontok juga.hihihi

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
27 March 2015 at 08:15 delete

Yg bagus merk RDL sis dr Philiphine
Aku pake RDL pas jerawatan juga. cuma 1 minggu jg bersih bgt.. Jerawat berkurang tanpa purging dan kulit 1 tingkat lbh cerah. Smp skrg msh pke dan muka ku bebas jerawat plus mulus.

Reply
avatar
14 May 2015 at 23:43 delete

kakk aku juga pake sabun ini diwajahku, pertama dipake diwajah dapat kaya daki-daki gitu yah kak? tmen aku jg pakek kak bilangnya cerahan..

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
16 May 2015 at 07:41 delete

disebagian orang gitu tapi di aku engga, semoga cocok ya ^^
makasih udah mampir

Reply
avatar
Siti Muniah
AUTHOR
19 May 2015 at 06:53 delete

mb POM nya kok g ditemukan ya ta cek punyanya mbak'e.. CA 18101204045///
JUSTRU ak cek punya tmnku sma dr PT Sparindo Mustika POM NA 18130500202 terDAFTAR.. hati2 loh mbak klw gak terdaftar.. ta cek pnya mbk kok gak ada.

Reply
avatar
Siti Muniah
AUTHOR
19 May 2015 at 06:58 delete

BDL itu terusannya RDL.. dulu RDL trs ganti jadi BDL.. n yg udah terdaftar diBPOM coba ajah cek diBPOM via web. itu 18130500202 ini udah terdaftar.. coba ajah diCEK di www.po.go.id

Reply
avatar
Siti Muniah
AUTHOR
19 May 2015 at 07:03 delete

#Karina Kpop coba dicek mbak BPOMnya ,, ini sabun yg uda terdaftar diBPOM.. 18130500202 sabun BDL Papaya.. mending sebelum beli2 lihat merk n terdaftar gak tuh, cz byk yg Palsu jg mb. n nyantumin BPOM tpi gak terdaftar.. so hati2 aja..
#salingMengingatkan.

Reply
avatar
Siti Muniah
AUTHOR
19 May 2015 at 07:08 delete

#Felicia coba dicek diBPOMnya mbak.. klw BDL yg udah terdaftar itu BDL papaya 18130500202 itu nomor BPOMnya.. uda terdaftar.. jadi sbelum beli2 sabun/cream" gitu dicek dulu aman/gaknya.. cek aja www.pom.go.id
klw gak cocok mending jangan diteruskan drpda +parah. mending yg alami ajah kaya parutan bengkoang asli.. / putih telur buat masker diwajah dijamin bagus jg. hanya saja harus rutin n gak instan kya sabun2 lain.. cz klw produk" kan jg pake pngawet.

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
20 May 2015 at 03:29 delete

hallo siti muniah : kayaknya kamu rajin banget ya ngeceknya big thanks *kecup basah* anw BDL emang ganti ingredients sekarang gak ada arbutinnya jadi otomatis no BPOMnya juga ganti ^^ H2H ya

Reply
avatar
26 May 2015 at 01:32 delete This comment has been removed by the author.
avatar
26 May 2015 at 01:33 delete

aku pakai yang BDL kak :D alhamdulilah, skr muka udah bagus kak ^_^ yang dulunya jerawatan, sekarang mulai perggiii :D seneng deh kak, dulunya aku jerawatan agak parah bagian pipi, sekarang tinggal bekasnya hehehhe... sabun murah tapi berkualitas^^ kak dien masih pakai BDL ini gak :D ?

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
26 May 2015 at 05:20 delete

hi felicia, so glad to hear that..
sekarang udah gak pake BDL :(

Reply
avatar
27 May 2015 at 01:27 delete

kenapa ga pake BDL lagi kak? sorry kak bnyak tanya ^_^V

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
31 May 2015 at 19:24 delete

sekarang ganti sabun fel, maklum aku tipe orang gak kuat iman *sigh* haha
ditunggu aja review terbaruku

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
5 June 2015 at 07:15 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Anisa Eka
AUTHOR
16 June 2015 at 17:50 delete

Kak maaf mau nanya, saya kan baru nih pake BDL Papaya ini, saya tertariknya krn temen saya bilang dia pake sabun ini jerawatnya jd kering dan ilang. Dan saya search juga klo pepaya bisa membantu menghilangkan jerawat. Jadi saya coba pake sabun BDL Papaya. Tapi pas saya pake jerawatnya kok malah nambah ya? dan muncul jerawat kecil2 gtu. Tapi memang sih jerawat yg sebelumnya lama kelamaan jd kempes. Kira2 klo gtu gpp gtu dilanjutin? trus kulitku jd berasa kenceng klo abis sabunan pake ini. trus kakak cream nya pake apa? saya pake baby cream kira2 gpp gitu?
Trims

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
18 June 2015 at 01:03 delete

Hallo Anisa eka, mungkin itu reaksi purging saja atau bisa karena gak cocok tapi kalo sekarang gak tumbuh jerawat lagi mungkin bisa lanjut, problem jerawat kan banyak sebabnya. kalo merasa kulit jadi kencang biasanya aku langsung timpuk toner plus pelembab, sekarang aku pake amira magic cream.

Reply
avatar
21 June 2015 at 01:45 delete

anisa dan kak dien : maaf ya ikut nimbrung hehe :) aku udah pake sabun BDL ini kok, udah mau jalan 2 bulan lebih...ini nih reviewku ---> http://fels-post.blogspot.com/2015/05/review-bdl-papaya-soap.html
selama aku pake, memang sabunnya agak kering dikulitku, tapi aku habis cuci muka aku langsung make moisturizer..
sejauh ini, mukaku keliatan lebih bersih dan jarang dihinggapi jerawat.. hehehe..

Reply
avatar
Anisa Eka
AUTHOR
21 June 2015 at 02:16 delete

aku udh berenti, soalnya kemarin jerawatnya nambah ._.

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
21 June 2015 at 05:20 delete

mungkin memang gak cocok Anisa, kan kulit orang beda - beda ^^

Reply
avatar
11 August 2015 at 05:33 delete

Sabun pepaya bikin kulit kerimg g sih? Soalnya kulit saya cenderung kering. Makanya saya g pernah pakai sabun muka. Jadi bingung harus diapain nih muka. Kalau pepaya g bikin kering aku harus coba nih

Reply
avatar
11 August 2015 at 05:37 delete

Tolong di info dunk, perbedaan sabun pepaya bdl dan rdl?

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
12 August 2015 at 04:59 delete

Hi, maaf baru balas. bikin keset iya tapi untuk mengatasi bisa pakai moisturizer alias pelembab setelahnya. HTH

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
12 August 2015 at 05:01 delete

beda merk, beda produsen, beda pabrik ^^

Reply
avatar
revi awe
AUTHOR
14 August 2015 at 19:51 delete This comment has been removed by the author.
avatar
revi awe
AUTHOR
14 August 2015 at 19:55 delete

HY ba dien mau nanya nih apa emang sabun pepaya Merk BDL menimbulkan efek samping seperti kulit kering dan pedih saat pemakaian ..soal nya saya baru 4 hari pemakain nih ,,kulit agak terasa pedih dan kering & kulit mnjadi kencang setelah pemakaian ..apa itu tandanya ga cocok ? tolong bls yh ba..makasih

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
16 August 2015 at 01:32 delete

hi revi, kulit perih dan kering terasa tertarik biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembaban dikulit. Biasakan setelah pakai sabun ini pakai pelembab ya, karna sabun ini emang bikin kering.HTH revi ^^

Reply
avatar
revi awe
AUTHOR
18 August 2015 at 10:17 delete

ok makasih ba dien untuk masukan nya ..pelembab nya merk apa biasanya ? khusus ?

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
23 August 2015 at 05:24 delete

hi Revi, untuk pelembab cocok - cocokan tapi kamu bisa search dikolom blog aku karena aku ada beberapa review pelembab kali aja tertarik buat nyobain juga, untuk sekarang aku pakai Amira Magic Cream nanti aku review yaaa ditunggu.

Reply
avatar
revi awe
AUTHOR
26 August 2015 at 14:39 delete

ok ba dien mksih ,,tapi sekarang sayang nya udah engga pake lagi sabun BDL, ga kuat sama pedih & waktu kulit kering sesudah pemakaian nya, jadi ga pede kesana kemari :(

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
6 September 2015 at 04:02 delete

oh gitu yaudah semogacepet nemu yang cocok ya

Reply
avatar
30 September 2015 at 17:40 delete

Ooo sya bru aj bli nih..
Sabun papaya block & white itu bagus gak ya ..
Dn bsa ngilangi jerawat gak

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
30 September 2015 at 17:46 delete

hi Qareesya, sayangnya saya kurang tau nih soalnya belum pernah nyobain. Coba googling aja cari reviewnya

Reply
avatar
15 October 2015 at 06:05 delete

Lagi nyoba bih mandi pakek sabun BDL nya,,,baru 2 hari kulit kering...,,,lanjutkan aja kali yaaa,,,semoga belangku jg memudar dch di kaki dan tanganku.

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
15 October 2015 at 06:33 delete

hi melawati mungkin setelah pakai sabunnya kamu bisa pakai moisturizer sesuai kulit jadi gak kering deh. HTH yaaa

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
4 November 2015 at 12:15 delete

Ikutan dumz mb dien... baru mulai nyoba nih soalnya dah ke 3 dokter juga jerawatku ga mau pergi2 jg. Hhhh ntah knp kok setia beud sm muka aku gah *emot mikir*
Em kalo muka aku c cenderung berminyak jd kalo emg sabunnya bikin kering muka ya Alhamdulillah hiihii... moga jerawatnya tersakiti lalu pergi *ngarep_beud

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
8 November 2015 at 03:36 delete

hallo kamu lain kali kalo main kasi tau namanya ya biar manggilnya enak, kalo jerawatan mending di cek dulu jerawatannya karna hormon, pola makan, atau apa. untuk kulit berminyak coba di cek skin routinenya udah bener belom soalnya kadang muka yang terlalu berminyak bisa karena kulit dalamnya kering alias tidak terhidrasi dg baik.

Reply
avatar
dery nursandi
AUTHOR
17 November 2015 at 22:05 delete

maaf ka cuman sekedar bertanya, kan pacar saya beli sabun papaya BDL tpi ukurannya kecil.soalnya yang ukuran gedenya lagi kosong, apakah ukuran kecil sama ukuran besar sama khasiatnya atau ga? makasih

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
20 November 2015 at 03:39 delete

mungkin sama, asal satu pabrik satu ingredients mah kegunaannya sama manfaatnya sama ^^ HTH

Reply
avatar
akbar
AUTHOR
28 November 2015 at 19:42 delete

sist bdl in cocok/ bisa g di pake sama pria.
tlng d bls d my email aruzzjhe@gmail.com

Reply
avatar
akbar
AUTHOR
28 November 2015 at 19:43 delete

ka' mo nax.ap sabun bdl in cocok d pake sama pria.

Reply
avatar
Ariesta Riski
AUTHOR
4 December 2015 at 07:00 delete

Kalo punya Jinzu gimana?

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
8 December 2015 at 14:24 delete

bisa dipakai pria atau wanita kok

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
8 December 2015 at 14:24 delete

jinzu itu apa ya? saya gatau.hehe

Reply
avatar
Zaqy Amc
AUTHOR
9 December 2015 at 09:03 delete

salam kenal yah mba dien chan's,,mau tau dong kasiatnya drem pepaya ama bdl pepaya,?trz daptin sabun bdl pepayanya dimana saja,,?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
13 December 2015 at 17:35 delete

Cacanya ngecek kode bpom dimana ya?? Info dong

Reply
avatar
13 December 2015 at 17:38 delete

Cacanya ngecek kode bpom dimana ya?? Info dong

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
17 December 2015 at 21:17 delete

hi Zaqy, kamu bisa dapetin produk ini di supermarket, toko kosmetik, atau yogya sudah ada.
bisa baca di postingan blog aku ya sudah aku review diblog cari aja ^^
makasih sudah mampir

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
17 December 2015 at 21:18 delete

hi Zaqy, kamu bisa dapetin produk ini di supermarket, toko kosmetik, atau yogya sudah ada.
bisa baca di postingan blog aku ya sudah aku review diblog cari aja ^^
makasih sudah mampir

Reply
avatar
Ayik Djayanti
AUTHOR
25 December 2015 at 04:25 delete

Hai, aq pke BDL yg body scrub nya, enak bgt, bikin kulit cerah trs lembut, pas dibilas keset gak licin.

Reply
avatar
Ayik Djayanti
AUTHOR
25 December 2015 at 04:26 delete

Hai, aq pke BDL yg body scrub nya, enak bgt, bikin kulit cerah trs lembut, pas dibilas keset gak licin.

Reply
avatar
Shasa Chan
AUTHOR
21 January 2016 at 00:54 delete

aku pake ini sminggu malah mukaku menggelap, lebih gelap dri tanganku ._. apa arbutin nggak bisa dipake panas2an kayak kojic ya. secara jam kerja siang2 mesti dijalan T^T

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
21 January 2016 at 04:39 delete

setauku sih engga, udah pake sunblock belum? jangan lupa rajin reapply ya.

Reply
avatar
Shasa Chan
AUTHOR
21 January 2016 at 22:08 delete

sudah loh.. tapi nggak mungkin reapply soalnya kan dimuka udah ketutup bbc atau base make up ._. jadi cuma make sekali aja pas sebelom timpa base. hiks hiks.. g cocok deh kayaknya

Reply
avatar
zia zulfa
AUTHOR
31 March 2016 at 07:47 delete

Lebih baik RDL atau BDL yaaa..? Masih bingung:(

Reply
avatar
zia zulfa
AUTHOR
31 March 2016 at 08:20 delete

Lebih baik RDL atau BDL yaaa..? Masih bingung:(

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
7 June 2016 at 21:06 delete

hehe kurang tau tuh mungkin bisa dicoba dua - duanya biar jelas *dijitak* atau googling dulu monggo

Reply
avatar
13 June 2016 at 02:36 delete

Harganya berapa yaa???,, dan belinya paling gampang dimana???

Reply
avatar
13 June 2016 at 02:37 delete

Harganya berapa yaa???,, dan belinya paling gampang dimana???

Reply
avatar
2 July 2016 at 09:20 delete This comment has been removed by the author.
avatar
2 July 2016 at 09:22 delete This comment has been removed by the author.
avatar
dien chan's
AUTHOR
31 August 2016 at 20:43 delete

tetep pakai make up kok tapi kalau cuma dirumah aja ya cuma pakai day cream sama sunblock ^^

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
8 October 2016 at 22:54 delete

Bukan terusan deh tapi emang beda, RDL itu dari filipina, BDL dari indonesia. Kalo aku cocoknya RDL, pernah coba2 pakek BDL tapi sekali pakek mukaku jadi jerawatan.

Reply
avatar
17 October 2016 at 00:04 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Lika Syadin
AUTHOR
19 October 2016 at 14:46 delete

Kak aku mau nanya kakak pake sabun pepaya itu brp kali sehari?

Reply
avatar
Nurayu Widya
AUTHOR
30 November 2016 at 20:46 delete

Harga sabun papaya bdl yg asli kisaran brpa ya kak..?? Biar nggk ketipu 😊

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
3 December 2016 at 13:41 delete

pas mandi dong biasanya sih 2x sehari tapi kalau lagi males ya cuma sekali.haha

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
3 December 2016 at 13:46 delete

sekitar 6000-7000an ya

Reply
avatar
yudhi septian
AUTHOR
10 December 2016 at 04:24 delete

Hay dien, baru beli sabun BDL nih mau nanya..
Klw utk cwo yg kulit berminyk dan jerawatan cara pemakaian yg bagus gimana ya ?

Reply
avatar
dien chan's
AUTHOR
12 December 2016 at 03:59 delete

kalo ngga salah untuk wajah yang berjerawat sebaiknya hindari produk pemutih ya takutnya jerawatnya nanti meradang

Reply
avatar
24 July 2017 at 23:55 delete This comment has been removed by the author.
avatar
bejosip
AUTHOR
1 October 2017 at 22:07 delete

Sabun papata bdl aman gak buat ibu hamil muda??

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 November 2017 at 02:25 delete

Aneh sekali ya ,kbnykan orang pake sabun BDL kulit jadi kering,
Klo aku si mba kulit muka malah jadi lembab,klo udah cimuk keliyatan agak cerah merona hihi

Reply
avatar
Fey Fery
AUTHOR
9 November 2017 at 02:26 delete

Aneh sekali ya ,kbnykan orang pake sabun BDL kulit jadi kering,
Klo aku si mba kulit muka malah jadi lembab,klo udah cimuk keliyatan agak cerah merona hihi

Reply
avatar