Kenalan sama steroid yuk

04:42 0 Comments A+ a-

Alohaaa kali ini saya mau mbahas sesuatu yang sedikit berat ya *ceileh bahasanya* ngomong-ngomong soal steroid saya mulai tertarik mendalami *halah* pas temen saya mau pakai salah satu krim dari klinik kecantikan yang lagi hipe disekitar kampusnya karena saya teman yang baik jadi saya googling tentang A-Z tentang klinik tersebut sampai saya khatam baca FD tentang klinik itu sebut saja klinik mawar.haha


Apa itu steroid ? steroid ini bukan jenis bebatuan dari angkasa lho itu namanya asteroid.
Steroid adalah senyawa organik lemak sterol tidak terhidrolisis yang dapat dihasil reaksi penurunan dari terpena atau skualena. Steroid merupakan kelompok senyawa yang penting dengan struktur dasar sterana jenuh[1] (bahasa Inggris: saturated tetracyclic hydrocarbon : 1,2-cyclopentanoperhydrophenanthrene) dengan 17 atom karbon dan 4 cincin.[2] Senyawa yang termasuk turunan steroid, misalnya kolesterol, ergosterol, progesteron, dan estrogen. Pada umunya steroid berfungsi sebagaihormon. Steroid mempunyai struktur dasar yang terdiri dari 17 atom karbon yang membentuk tiga cincin sikloheksana dan satu cincin siklopentana. Perbedaan jenis steroid yang satu dengan steroid yang lain terletak pada gugus fungsional yang diikat oleh ke-empat cincin ini dan tahap oksidasi tiap-tiap cincin.”


Kalau diantara cowok-cowok steroid biasa terkenal karna bisa bikin cowok punya badan berotot instan kalau diantara cewek buat apa hayoooo? Ada yang tahu? Yup buat muka alias skincare, bukan hal baru ternyata (tapi saya baru tahu) di dunia kecantikan kalau ada salah satu klinik terkenal memakai steroid dengan kadar tinggi (saya syok). Steroid memang boleh digunakan tapi hanya bisa digunakan selama kurang lebih 3 minggu saja dan didalam pengawasan dokter, kadarnya juga ditentukan. Biasanya steroid digunakan untuk menjinakkan *halah bahasanya* jerawat jadi biasanya terdapat di calming cream. Karena steroid adalah obat ampuh untuk mengatasi peradangan atau nyeri dan bisa membuat kulit menjadi lebih putih bersih. Tapi steroid mempunyai efek samping yang cenderung membahayakan. 

Antara lain :
·         Menekan fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko infeksi
·         Pemakaian oral (diminum) bisa menyebabkan gastritis atau maag
·         Menghentikkan suplay darah ke sendi terutama dipaha dan dapat menyebabkan rasa nyer i degenerative yang disebut avascular nercrosis
·         Mengurangi massa tulang dan meningkatkan patah tulang pada penggunaan jangka panjang (osteoporosis)
·         Moon face atau wajah bisa menjadi lebih bulat
·         Penumpukan lemak di daerah perut, punggung, dan leher
·         Perubahan mood
·         Peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah

Pada penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan perubahan permanen pada kulit:
·        Penipisan kulit
·         Stretch mark
·         Munculnya pembuluh darah halus dikulit (spider vein)
·         Mudah memar
·         Tumbuhnya bulu-bulu halus didaerah wajah
·         Hilangnya pigmentasi kulit
·         Kulit akan menjadi memerah ketika terkena paparan sinar matahari (kaya kepiting rebus)
Saat ini banyak sekali cream yang mengandung steroid dengan kadar yang cukup tinggi, efeknya memang dramatis yaitu kulit menjadi lebih putih dan bersih dalam waktu yang sesingkat-singkatnya tapi setelah itu kulit akan rusak dalam tempo yang cukup lama.

Jadi gimana dong caranya melepas krim bersteroid ketika kita sudah terlanjur menggunakannya ?
Caranya adalah dengan step by step alias melepasnya dengan perlahan jangan langsung lepas atau tidak memakainya sama sekali karena akan menjadikan break-out parah. Setelah itu kalian bisa melakukan detox kulit karena penggunakan krim ber-steroid walau hanya digunakan topical (dioles) diwajah tapi ternyata bisa masuk ke aliran darah dan mempengaruhi kinerja tubuh kalian juga lho.
Setelah melepasnya juga gak ada jaminan buat gak break-out tapi kuatkanlah iman kalian untuk lepas dari krim berbahaya ini. Ada yang bilang “lha yang pentingkan gak pake krim abal-abal ” lha tapi krim bersteroid juga berbahaya apalagi jika dipakai dalam jangka panjang.
So be smart and more aware ya girls dalam memilih sesuatu, milih jodoh aja pilah-pilih masa milih skincare atau makeup asal-asalan. Bukan berarti kita gak boleh pakai krim dari klinik kecantikan lho ya tapi sebaiknya Tanya dulu sama dokternya apakah krim yang akan kalian gunakan itu benar-benar aman kalau perlu Tanya ingredientsnya juga boleh (kalau mau dipelototin ya) tapi gak apalah buat keamanan kita juga kan ya.



cheers dien chan :*