Tips Diet Sehat part 1

21:56 0 Comments A+ a-

Hallo semua

lama gak posting blog nih.hihi maaf ya

sekalian mau bilang HAPPY NEW YEAR 2013 semoga ditahun ini tambah baik dan semua keinginan yang diinginkan bisa terkabul ya *smile*

disini siapa yang pengen diet ? *akuakuaku*
yes my resolution for this year is menurunkan berat badan karna berat badanku sekarang 55kg yang seharusnya berat idealnya itu 45kg-ish.haha jadinya sekarang banyak baju dan celana yang gak muat dipake dan banyak pula yang keliatan maksa banget dipake.huhuhu *curcol* perutku yang sexy sekarang jadi tambah sexy gara-gara tambah  buncit.hehe

kenapa aku nulisnya disitu ada part nya soalnya nanti akan dilanjutkan dengan tips-tips yang lainnya *sebenernya mau jadi beauty blogger atau trainer diet sih aku ini*

i know its too hard untuk memulai diet sudah terbayangkan dibenak kalian semua diet itu olahraga ketat gak makan gak bisa makan enak pokoknya tersiksa sekali lah padahal gak sedikit juga tips diet yang jauh dari kata menyiksa tapi tetap saja diet iu sulit untuk dilakukan jadi ini ada tips diet dariku untuk para pemula yang akan memulai diet :

First things first

Satu alasan mengapa banyak orang yang gagal mengubah pola makan saat berdiet adalah, mereka memulainya dengan langkah yang salah. Ada dua faktor penting yang perlu Anda perhatikan agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan pola makan sehat untuk mendapatkan berat badan ideal, yaitu:
  1. Ubah apa yang Anda makan
  2. Kurangi porsi yang Anda makan
Idealnya, untuk memaksimalkan program diet kedua hal di atas perlu diubah. Tapi, bukan ide yang baik pula jika Anda mengubah keduanya secara mendadak. Di sinilah kebanyakan orang membuat kesalahan.
Mengubah pola makan memang bukan perkara mudah, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan secara radikal karena program ini merupakan program jangka panjang yang membutuhkan konsistensi.
Misalnya saja tiba-tiba Anda sama sekali tidak mengonsumsi nasi putih dan hanya mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Memang berat badan Anda akan turun drastis, tapi apakah Anda yakin pola makan seperti ini akan bertahan lama dan tidak menyiksa?
Itulah sebabnya disarankan untuk melakukan perubahan secara bertahap. Jika nasi putih tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan, Anda bisa mengurangi porsinya atau menggantinya dengan nasi merah. Masih sama-sama nasi, namun nasi merah lebih kaya gizi dan rendah kalori. Ini lebih baik daripada tidak makan nasi sama sekali.
Berikut beberapa tip yang bisa Anda coba untuk membantu mendapatkan pola makan sehat dalam mencapai berat badan ideal:
  • Membuat perubahan kecil secara berkala jauh lebih baik ketimbang membuat perubahan mendadak yang tidak bisa Anda jalankan dalam waktu yang lama
  • Gunakan piring yang lebih kecil saat makan
  • Bagi porsi makan normal Anda ke dalam tiga bagian kecil
  • Biasakan makan camilan rendah kalori dan tinggi protein setiap dua jam, agar Anda tidak makan melebihi porsi saat waktu makan utama
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Terkadang rasa haus sering disalahartikan sebagai lapar oleh sebagian orang
  • Jangan melakukan aktivitas lain saat makan, seperti menonton TV, ngobrol, dan lainnnya,  agar Anda tetap fokus dengan jumlah makanan yang Anda makan
  • Kurangi porsi makan secara berkala setiap hari hingga mencapai porsi makan sehat ideal
  • Makanlah dengan perlahan dan kunyah makanan Anda lebih lama agar perut kenyang lebih cepat
  • Kurangi stress Anda agar tidak mengalami emotional eating yang bisa mengakibatkan tubuh kelebihan kalori.

The second step

Ok, sekarang Anda telah berhasil mengubah pola makan untuk mendapatkan berat badan ideal. Kini saatnya beranjak ke langkah selanjutnya, yaitu meningkatkan aktivitas fisik secara berkala.
Jika sebelumnya Anda sering bangun siang dan bermalas-malasan sambil menonton TV, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk bangun lebih pagi dan melakukan 20-30 menit jogging di sekitar komplek perumahan Anda.
Jika Anda malas untuk keluar rumah, ada beberapa latihan kardio di rumah yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori seperti jumping jack, mountain climber, dan lompat tali. Ada pula bodyweight training seperti push up, dips, dan squat yang bisa Anda coba di rumah. Jika Anda membutuhkan tantangan yang lebih dahsyat, kombinasikan latihan kardio dan bodyweight training dalam circuit training untuk membakar kalori lebih banyak lagi.
Saat di kantor, parkir kendaraan Anda lebih jauh agar Anda bisa berjalan kaki untuk membakar kalori lebih banyak. Gunakan tangga biasa daripada lift atau ekskalator. Jika memungkinkan, lakukan latihan peregangan di sela kesibukan Anda.
Nah, perubahan-perubahan kecil seperti inilah yang Anda butuhkan untuk mencapai berat badan ideal, sehingga tubuh Anda dapat beradaptasi dengan baik dan bisa menjadi kebiasaan sehat yang bisa dilakukan dalam waktu yang lama.




ingin lebih banyak info ? klik disini


sumber : dunia fitnes